Ini Hobi Baru Saya, Menanam Pohon Jeruk!

pohon jeruk
Sumber: Instagram @deddysussantho

Ini hobi baru saya. Menanam pohon jeruk. Sebelum berangkat dan setelah pulang kerja, selalu saya sempatkan melihat dan menyiram mereka.

Ada kebahagiaan tersendiri ketika mengetahui mereka sudah sebesar ini dan sudah siap untuk dipisahkan satu sama lainnya pada pot yang lebih besar secara terpisah. Padahal tiga minggu lalu mereka masih berupa biji.

Mereka mengingatkan saya dengan aktivitas membina. Pada mulanya ada banyak bibit yang ditanam, tapi ternyata tidak semua berhasil tumbuh. Ada yang tumbuh pesat, ada pula yang baru merekah biji tanda baru mau tumbuh, tapi tidak sedikit yang akhirnya kering dan berakhir mati. Bahkan di antara yang tumbuh itupun beragam bentuknya. Yang satu punya batang panjang dan berdaun lebar, walau sedikit. Satu lagi pendek tapi banyak tunasnya. Lain lagi daunnya sedikit namun tanpa tunas. Mereka tumbuh dengan masing-masing potensi.

Setiap hari seperti selalu ada yang baru. Entah tambah daunnya, tunasnya, atau batangnya. Melihat perkembangannya, seperti ada harapan baru bagi hari-hari ke depan. Meski saya tahu selalu ada masa di mana saya harus tega membiarkan mereka diterpa panas dan hujan. Karena saya tahu itu baik untuk kemajuan mereka.

Kini, saya mencari waktu yang tepat untuk menyemai mereka ke medan yang lebih luas. Saya sadar asupan mereka akan semakin bertambah. Tidak lagi cukup dengan tetesan air dan sinar matahari, tetapi perlu didukung dengan pupuk yang tepat serta penjagaan dari hama-hama yang mungkin menyerang. Mungkin saja di kurun waktu itu akan ada lagi yang tersisih di antara mereka, seolah memilah dan menjawab, mana bibit unggulan dan mana yang tidak tahan ujian.

(Kedaung, 22 Maret 2017)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s