Untukmu yang Berkeyakinan, “Kalau Iman Bisa Diugprage, tapi Kalau Muka Gak Bisa!”

(Ilustrasi/net)
(Ilustrasi/net)

Saya ingat ada teman yang punya pikiran lucu saat cari istri. Ini tentang dikotomi kecantikan dan ketakwaan.

Topiknya: Pilih yang cantik tapi belum shalihah atau yang shalihah tapi mukanya standart?

Lalu teman saya menjawab, “Kalau iman masih bisa di-upgrade akh, tapi kalau muka gak bisa.”

Sambil tertawa saya mencoba memahami apa yang ada di dalam benaknya. Dia berencana mencari istri yang cantik, hingga kemudian dia didik agar jadi shalihah. Saya tersenyum. Mungkin inilah pilihan hidupnya.

Namun, Jumat lalu, tepatnya di kajian Masjid Pondok Indah, yang mana Ust. Salim A. Fillah menjadi pembicaranya, saya seolah seolah mendapat titik terang jawaban. Beliau berkata, “Hei, siapa kita? Hidayah itu dari Allah.”

Kebetulan saat itu sedang membahas surah al-Lail.

إِنَّ عَلَيْنَا لَلْهُدَىٰ

“Sesungguhnya kewajiban Kamilah memberi petunjuk,” (QS. Al-Lail: 12)

 

[Limo, 31 Maret 2014]

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑